A. PERENCANAAN
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Satuan Pendidikan : SMP Dar
El Salaam Surabaya
Kelas /Semester :
VIII/2
Pertemuan Ke :
10
Alokasi waktu :
2 x 40’
Tema : الساعة
I.
Standar Kompetensi
1.
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan dialog
tentang jam atau pukul berapa.
2.
Memahami tentang kaidah (aturan) tentang petunjuk jam
atau pukul berapa yang menunjukan waktu dalam bahasa Arab.
II. Kompetensi
Dasar
1.
Memahami mufrodat baru tentang الساعة dan manerpkannya dalam struktur kalimat.
2.
Melakukan hiwar (dialog) dan tanya jawab sederhana
tentang الساعة.
3.
Memahami struktur pola kalimat pertanyaan dan jawaban
tentang الساعة yang
menunjukan waktu dalam bahasa Arab.
4.
Membedakan aturan petunjuk waktu yang menunjukan waktu
tepat, lebih dan kurang.
5.
Menulis kata atau kalimat sederhana tentang الساعة.
III. Indikator
- Mampu memahami mufrodat baru dan membaca bahan teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
- Mampu menggunakan mufradat baru untuk menjawab pertanyaan dengan struktur kalimat dasar menggunakan pola كم الساعة الآن؟ dengan baik dan benar.
- Mampu memahami kalimat dan paragraf tentang الساعة dengan bilangan bertingkat yang menunjukan waktu tepat, lebih dan kurang.
- Mampu meberikan contoh struktur kalimat dengan menggunakan pola كم الساعة الآن؟
- Mampu menulis kalimat tentang الساعة dengan baik dan benar.
IV. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami wacana tertulis dalam bentuk dialog sederhana tentang jam atau pukul berapa.
- Siswa dapat memahami tentang الساعة dan aturan-aturan pembentukkannya dalam bahasa Arab.
- Siswa dapat mengungkapkan dialog sederhana secara lisan tentang jam atau pukul berapa.
V. Materi Pembelajaran
1.
Mufrodat (kosakata) baru tentang الساعة
2.
Teks bacaan tentang الساعة menggunakan struktur kalimat dengan
pola كم الساعة الآن؟dan jawabannya seperti الساعة الآن الثامتة تماما كم الساعة الآن؟
VI. Model Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Latihan
5.
Role playing
VII. Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan awal (5 menit)
1.
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan
menanyakan kabar siswa.
2.
Guru mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menginformasikan standar kompetensi dan kompetensi dasar kepada siswa.
4.
Guru menanyakan pelajaran yang telah
disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
B.
Kegiatantan
Inti (30 menit)
1.
Guru menjelaskan makna mufrodat
baru tentang الساعة .
2.
Guru membacakan teks bacaan tentang الساعة yang menunjukan waktu tepat, lebih
dan kurang dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar, kemudian ditirukan
siswa.
3.
Guru memberikan waktu kepada siswa untuk
bertanya tentang mufrodat yang tidak dipahami dari teks bacaan.
4.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
membagi ilmu tentang mufrodat yang ia ketahui kepada temannya yang tidak
mengetahui.
5.
Guru memberikan pujian kepada siswa yang bisa
menjawab mufrodat yang ditanyakan.
6.
Guru menjelaskan teks bacaan tentang الساعة yang menunjukan waktu tepat, lebih
dan kurang.
7.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya tentang materi yang belum dipahami dari teks bacaan.
8.
Guru menyuruh kepada beberapa siswa untuk
membaca teks bacaan.
9.
Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam
bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya.
10.
Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks
bacaan dengan struktur kalimat كم الساعة الآن؟, menggunakan kwartet dan dijawab
secara bergiliran oleh siswa dengan metode permainan role playing.
11.
Guru memberikan reword kepada siswa yang mampu menjawab
pertanyaan.
12.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk saling
tanya jawab guna menguji sejauh mana pemahaman siswa.
13.
Masing-masing kelompok membuat beberapa soal, kemudian
soal tersebut dijawab oleh kelompok yang lain.
14.
Ketua kelompok menulis jawaban soal tersebut di papan
tulis.
15.
Guru dan siswa mengoreksi jawaban soal tersebut.
16.
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
C. Kegiatan Akhir (5 menit)
1. Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
2. Guru
memberikan motivasi dan nasehat kepada sisiwa untuk selalu mengulang pelajaran
di rumah.
3. Guru
menutup pelajaran dan mengucapkan salam kepada para siswa.
VII.
Alat/Bahan/Sumber belajar
1.
Buku Ajar Bahasa Arab kelas VIII semester II
2.
Buku Penunjang Bahasa Arab
3.
Laptop dan LCD
4.
Kwartet gambar jam
5.
Papan tulis dan sepidol
VIII.
Penilaian
A. Tes lisan
1. Siswa
dapat menerjemahkan makna mufrodat baru
pada teks bacaan.
2. Siswa
dapat menjawab pertanyaan dengan struktur kalimat dasar كم الساعة الآن؟
B. Tes tulisan
1. Siswa
dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan gambar jam.
2. Siswa
dapat menghubungkan antara gambar jam dan jawaban yang sesuai.
3. Siswa
dapan menunjukan arah jarum jam sesuai soal
Surabaya, 31 Mei 2012
Mengetahui,
KepalaSekolah Guru Bahasa Arab
KepalaSekolah Guru Bahasa Arab
Maryono, S. Th.I Bud
Hartanto, S. Pd.I
B.
PENGELOLAAN
I.
Pengelolaan
kelas
1.
Mempersiapakan fasilitas / alat pembelajaran
meliputi buku pelajaran, laptop, LCD, kwartet, papan tulis, sepidol dan
fasilitas lain yang membantu berjalannya proses belajar mengajar.
2.
Melakukan pergantian posisi duduk para siswa
dengan merotasi posisi duduk yang dilakukan setiap hari dan terkadang merubah
posisi kursi dengan merubah arah ke samping ke belakang atau membuat bentuk
linggkaran sehinnga posisi guru ada ditengah-tengah para siswa dengan tujuan
agar para siswa tidak jenuh dalam proses belajar.
3.
Melakukan pembelajaran di luar kelas karena
dengan pembelajaran di luar kelas akan menjadikan suasana belajar berbeda,
lebih santai dan lebih menyenangkan, sehingga akan memacu siswa untuk leluasa
dalam mengembangkan aktifitas siswa, mengungkapkan pendapatnya yang pada
akhirnya siswa merasa lebih fresh.
4.
Menempelkan hasil prestasi belajar siswa
melalui papan pengumuman khusus yang tempatnya di depan kelas, papan pengumuman
hasil belajar tersebut berfungsi untuk menginformasikan tentang perolehan hasil
balajar siswa berupa nilai ulangan harian sehingga semua siswa dapat mengetahui
nilai teman-temannya yang lain dengan tujuan agar para siswa terpacu
motivasinya untuk bersaing dalam belajar selain itu juga untuk menginformasikan
kepada siswa yang harus mengikuti remedial atau pengayaan.
5.
Menempel papan informasi di depan kelas yang
berisi tentang pembagian tugas yang wajib dikerjakan oleh para siswa dan jadwal
pengumpulan agar para siswa tidak lupa.
6.
Membuat kalender pembelajaran khusus mata
pelajaran bahasa Arab yang berisi agenda kegiatan pembelajaran selama satu
semester dan di tempel di depan kelas.
7.
Menggunakan spidol warna ketika menjelaskan
pembelajaran terutama untuk menjelaskan perubahan kata atau harokat
dalam kalimat agar siswa lebih paham dan perhatian terhadap materi yang
disampaikan.
8.
Untuk meningkatkan kedisiplinan para siswa,
maka begitu bel masuk berbunyi guru sudah berada di dalam kelas, demikian juga
bel pelajaran berakhir, guru harus sudah mengakhiri pelajaran sehingga
diharapkan para siswa mengikuti bahkan
begitu bel berbunyi anak-anak sudah ada di dalam ruangan kelas dan siap
menerima pelajaran yang akan disampaikan.
9.
Berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang
menyenangkan, yaitu ketika menerangkan materi yang esensial maka suasana kelas
biasanya menjadi sunyi karena para siswa serius dalam memperhatikan pelajaran,
oleh karena itu kadang kala guru melontarkan kalimat-kalimat yang membuat siswa
tertawa tetapi masih dalam koridor materi pelajaran untuk mengurangi ketegangan
dan menghangatkan suasana belajar di kelas.
II.
Pengelolaan
siswa
1.
Menerangkan manfaat dan keutamaan pembelajaran
bahasa arab untuk menambah motivasi belajar para siswa.
2.
Menanyakan materi apa yang akan diajarkan hari
ini untuk mengetahui kesiapan siswa.
3.
Menjelaskan tentang pentingnya materi yang akan
disampaikan agar siswa lebih perhatian dan serius dalam mengikuti pelajaran.
4.
Guru melontarkan pertanyaan yang
berkaitan dengan materi pertemuan sebelumnya, sehingga pada saat guru membahas materi
baru para siswa cepat memahaminya.
5.
Kegiatan selanjutnya membahas
materi berikutnya dengan menjelaskan kosakata baru dan membacakan teks bacaan
kepada siswa kemudian siswa menirukannya.
6.
Menjelaskan materi pelajaran melalui
media LCD dan papan tulis.
7.
Membuat skema pembagian materi
tentang الساعة di papan tulis menjadi tiga bagian yang menunjukan waktu tepat,
lebih dan kurang agar siswa dapat membedakan ketiga macam pembagian waktu
tersebut.
8.
Menulis perubahan kata dengan
spidol warna biru dan perubahan harokat dengan menggunakan spidol warna
merah pada kalimat ketika menjelaskan di papan tulis agar siswa dapat
membedakan perubahan yang terjadi dari bentuk asal kata atau harokat
tersebut.
9.
Memberi kesempatan para siswa untuk bertanya
tentang kesulitan pelajaran untuk
menciptakan kemudahan siswa dalam mempelajari mata pelajaran dan
senantiasa berusaha untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
10.
Memberikan kesempatan kepada siswa pendiam /
pemalu untuk bertanya, mengamati dan menganalisis materi pelajaran agar siswa
tersebut lebih aktif dan kreatif dan guru banyak bertanya kepada siswa tersebut
dan memberikan perhatian lebih.
11.
Memberikan bimbingan konseling dan penanganan
khusus kepada siswa super aktif.
12.
Memberikan kesempatan kepada siswa yang sudah
faham untuk menjelasakan atau menjawab pertanyaan siswa yang belum faham,
kemudian guru memberikan pujian jika penjelasan tersebut benar.
13.
Setelah itu guru memberikan
beberapa persoalan di papan tulis dengan memberi kesempatan kepada siswa secara
bergilir untuk mengerjakan kedepan.
14.
Memberikan soal kepada siswa dengan permainan
role playing yaitu guru memerintahkan kepada siswa untuk memutar spidol secara
estafet kemudian guru memberi isyarat utuk berhenti dengan tidak melihat kepada
siswa dan siswa yang berhak menjawab soal adalah siswa mendapatkan spidol
terakhir.
15.
Guru menyuruh siswa yang berhak menjawab soal
untuk mengmbil kwartet dan memilih secara acak, kemudian siswa menjawab sesuai
dengan gambar jam yang ada di kwartet, jika jawaban salah guru melempar
pertanyaan kepada siswa yang lainnya.
16.
Membagikan reward (hadiah) bagi siswa yang
berprestasi dan mampu menjawab pertanyaan.
17.
Siswa
dikelompokan menjadi tiga bagian sesuai tingkat kecerdasan yaitu
kelompok siswa rendah, sedang dan tinggi. Kemudian papan tulis dijadikan 3 bagian
untuk menjawab soal dengan level yang berbeda sesuai dengan kemampuan siswa
dalam kelompok, setelah itu siswa dicross
(disilang/ dicampur) kemudian membentuk kelompok baru yaitu gabungan dari siswa
yang potensinya rendah, sedang dan tinggi. Akhirnya anak yang tidak bisa
berusaha mencari tahu dari anak yang pintar, anak yang pintar berusaha memberi
ilmunya pada anak yang tidak bisa sehingga anak yang pintar bisa menjadi tutor
sebaya bagi temannya yang belum bisa.
18.
Masing-masing kelompok membuat soal sesuai
materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh kelompok yang lain.
19.
Membahahas hasil soal latihan bersama-sama
sehingga tahu kesalahan atau kelemaha masing-masing siswa.
20.
Memberikan reward kepada kelompok yang nilai
skornya paling tinggi.
21.
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
setelah pelajaran selesai.
22. Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
23.
Guru memberikan motivasi dan nasehat kepada
sisiwa untuk selalu mengulangi pelajaran di rumah dan mengaitkan materi
pelajaran tentang الساعة (waktu) terhadap kehidupan sehari-hari yaitu agar para siswa
memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat.
C. EVALUASI
1.
Evaluasi proses belajar
mengajar dilaksanakan pada awal pembelajaran, yaitu guru selalu
melontarkan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pertemuan sebelumnya.
2.
Melakukan program remedial
(perbaikan) bagi para siswa yang nilainya dibawah standar minimal ketuntatasan
belajar yang dilakukan setelah jam pelajaran regular dengan cara pembelajaran
ulang materi yang dianggap sulit oleh para siswa dengan metode dan media
pembelajaran yang berbeda, kemudian siswa disuruh untuk mengerjakan soal
ulangan harian yang sama.
3.
Melakukan program pengayaan
bagi para siswa yang nilainya di bawah standar minimal ketuntatasan belajar
yang dilakukan dengan cara memberikan
bahan bacaan tambahan dengan tujuan memperluas wawasan siswa.
4.
Hasil ulangan harian selalu
dibagikan kepada siswa dan ditempel di papan pengumuman di depan kelas.
5.
Penilaian
a.
Ranah kognitif
·
Siswa mampu menjawab pertanyaan soal lisan
maupun tulisan dengan benar.
·
Siswa mampu menganalisis dan menerangkan soal atau
pertanyaan dari guru.
b.
Ranah afektif
·
Siswa bersiakap dan berperikaku baik ketiaka
pelajaran berlangsung.
·
Siswa menjaga kedisiplinan kelas.
c.
Ranah psikomotor
·
Siswa mampu bekerja sama dalam kelompok dengan
siswa yang lainnya.
·
Siswa mampu mengeksplorasikan jawaban soal di
depan kelas.
6.
Soal latihan